Haditsul
Ifki
ini setelah penulis telusuri dengan menggunakan lafaz جلباب
terdapat dalam riwayat Shahih Bukhari kitab مغازي bab
yang ke 34, kitab تفسير سورة surat ke 24 bab 6,
diriwayatkan oleh Muslim dalam kitab
taubat bab ke 56, juga diriwayatkan oleh Ahmad bin Hanbal juz 6, halaman 195[7]. Hal ini
juga sama jika ditelusuri dengan lafaz خمر.[8] Akan
tetapi hadis ini tidak penulis temukan kalau menggunakan lafaz وجه. Oleh
karena itu, maka yang meriwayatkan hadis ini adalah Bukhari, Muslim, dan Ahmad
bin Hanbal, sesuai dengan petunjuk Mu`jam Al-Mufahras Lil al-Faazi al-Hadis
Al-Nabawi karya A.J Wensinck.
Hadis
yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal ini diawali dengan kata حَدَّثَنَا yang disandarkan kepada Abdur Razaq bin Hamman bin
Nafi`, Ya`kub bin Ibrahim bin Sa`ad bin Ibrahim bin Abdurrahman bin `Auf, yang
disebut sebagai sanad pertama sekaligus sebagai periwayatan terakhir.
Sedangkan sanad terakhir adalah `Aisyah sekaligus periwayatan pertama
yang menyampaikan hadis dari sumber utama, yaitu Nabi SAW.
Adapaun
urutan sanadnya dapat dijelaskan pada tabel berikut;
No
|
Nama
Periwayat
|
Sighat
yang
digunakan
|
Urutan
Periwayat
|
Urutan
Sanad
|
1.
|
`Aisyah
|
قال
|
Periwayat 1
|
Sanad ke 6
|
2.
|
Sa`id
bin Al Musayyab bin Hazan bin Abi Wahab bin `Amru
|
عن
|
Periwayat 2
|
Sanad ke 5
|
3.
|
Urwah
bin Az Zubair bin Al `Awwam bin Khuwailid bin Asad bin `Abdul `Izzi bin Qu
|
عن
|
Periwayat 2
|
Sanad ke 5
|
4.
|
Alqamah bin Waqash bin
Mihshan
|
عن
|
Periwayat 2
|
Sanad ke 5
|
5.
|
Ubaidillah
bin `Abdullah bin `Utbah bin Mas`ud
|
عن
|
Periwayat 2
|
Sanad ke 5
|
6.
|
Muhammad
bin Muslim bin `Ubaidillah bin `Abdullah bin Syihab
|
عن
|
Periwayat 3
|
Sanad ke 4
|
7.
|
Shalih bin Kaisan
|
عن
|
Periwayat 4
|
Sanad ke 3
|
8.
|
Ma`mar bin Raosyid
|
عن
|
Periwayat 5
|
Sanad ke 2
|
9.
|
Ibrahim bin Sa`ad bin
Ibrahim bin `Abdur Rahman bin `Auf
|
عن
|
Periwayat 5
|
Sanad ke 2
|
10.
|
Ya`kub bin Ibrahim bin
Sa`ad bin Ibrahim bin Abdurrahman bin `Auf
|
حدثنا
|
Periwayat 6
|
Sanad ke 1
|
11.
|
Abdur Razaq bin Hamman
bin Nafi`
|
حدثنا
|
Periwayat 6
|
Sanad ke 1
|
12.
|
Ahmad bin Hanbal
|
حدثنا
|
Periwayat 7
|
Mukharij
|
Jarh wa ta`dil sanad riwayat Ahmad bin Hanbal jalur pertama
No
|
Nama
Periwayat
|
Wafat
(th)
|
Guru
|
Murid
|
Pendapat
Kritikus Hadis
|
1.
|
`Aisyah
binti Abi Bakar Ash Shiddiq
(Ummu
`Abdullah)
|
58 H
|
-Nabi Muhammd SAW.
|
-Salah
satu muridnya yaitu Sa`id bin al Musayyab
|
Ummahatul Mukminin
|
2.
|
Sa`id
bin Al Musayyab bin Hazan bin Abi Wahab bin `Amru
(Abu
Muhammad)
|
93 H
|
-Anas
bin Malik
-Jabir
bin Abdullah
-Zaid
bin Tsabit
-
-Aisyah
Ummul Mukminin
|
-Sa`d
bin Ibrahim
-Abdurrahman
bin hamid bin Abdurrahman bin `Auf
-Amru
bin Dinar
-Muhammad
bin almusayyab
-Muhammad
bin Muslim bin Syihab al-Zuhri
|
Ahmad bin Hanbal: Tsiqah
Abu
Zur`ah Arrazy: Tisqah Imam
Adz
Dzahabi: Imam
Adz
Dzahabi: Ahadul A`lam
Adz
Dzahabi: tsiqah hujjah
Adz
Dzahabi: Ahli Fiqih
|
2.
|
Urwah
bin Az Zubair bin Al `Awwam bin Khuwailid bin Asad bin `Abdul `Izzi bin Qu
(Abu
`Abdullah)
|
W. 94 H
|
-Jabir
bin Abdullah
-Husein
(anak Ali bin ABi Tholib)
-Zubair
bin Awwam
-Zaid
bin tsabit
-Aisyah
Ummul Mukminin
|
-Sa`id
bin Ibrahim bin Abdurrahman bin Auf
-Shalih
bin Kaisan
-Abdullah
bin urwah bin Az Zubair
-Ubaidillah
bin utbah bin Mas`ud
-Muhammad
bin Muslim bin Syihab al Zuhri
|
Al
`Ajli: Tsiqah
Abu
Zur`ah: Tsiqah
Ibnu
Hajar al `Asqalani: Tsiqah
Ibnu
Hibban: disebutkan dalam `Ats Tsiqat`
|
2.
|
Alqamah
bin Waqash bin Mihsan
|
- H
|
-Abdullah
bin Umar bin Khaththab
-Umar
bin Khaththab
-Muawiyah
bin Abi Sufyan
-Aisyah
Ummul Mukminin
|
-Abdullah
bin Ubaidillah bin Abi Malikiyah
-Amru
bin Alqamah bin Waqash (anaknya)
-Muhammad
bin Ibrahim bin al harits at taymiy
-Muhammad
bin Muslim bin Syihab al Zuhri
|
Ibnu
Hibban: disebutkan dalam Ats Tsiqat
An
Nasa`i: Tsiqah
Ibnu
Hajar al`Asqalani: Tsiqah Tsabat
|
2.
|
Ubaidillah
bin `Abdullah bin `Utbah bin Mas`ud
(Abu
`Abdullah)
|
98 H
|
-Abdullah
bin Abbas
-Abdullah
bin Utbah bin Mas`ud (bapaknya)
-Abdullah
bin Umar bin Khaththab
-Abu
Hurairah
-Aisyah
Ummul Mukminin
|
-Sa`id
bin Ibrahim
-Shalih
bin Kaisan
-Aun
bin Abdullah bin utbah bin Mas`ud (saudaranya)
-Muhammad
bin Muslim bin Syihab al Zuhri
-Musa
bin Abi Aisyah
|
Al
`Ajli: Tsiqah
Abu
Zur`ah Arrazy: tsiqah ma`mun imam
Ibnu
Hibban : disebutkan dalam `ats tsiqaat’
Ibnu
Hajar : tsiqah faqih tsabat
Adz
Dzahabi : salah satu lautan ilmu
|
3.
|
Muhammad
bin Muslim bin `Ubaidillah bin `Abdullah bin Syihab
(Abu
Bakar)
|
W.125H
|
-Sa`id
bin almusayyab
-Urwah
bin Al-Zubair
-Ubaidillah
bin Abdullah bin Utbah bin Mas`ud
-Alqamah
bin Waqash bin Mihshan
|
-Ibrahim
bin Sa`id al Zuhri
-Shalih
bin Kaisan
-Ma`mar
bin Rasyid
-Husyaim
bin Basyr
-Yunus
bin Yazid al Ayliy
|
Ibnu
Hajar al `Asqalani: faqih hafidz mutqin
Adz
Dzahabi :seorang tokoh
|
4.
|
Ma`mar
bin Raosyid
(Abu
`Urwah)
|
W.154H
|
-Ibrahim
bin maysarah
-Shalih
bin Kaisan
-Abdullah
bin Muslim bin Syihab
-Muhammad
bin Muslim bin Syihab al Zuhri
|
-Sofyan
al Tsauri
-Sufyan
bin uyainah
-Abdullah
al Mubarak
-Abdu
razak bin Hamam
|
Yahya
bin Ma`in: tsiqah
Al
`Ajli: tsiqah
Ya`kub
bin Syu`bah: tsiqah
Abu
Hatim: Shalihul hadis
An
Nasa`i: tsiqah ma`mun
Ibnu
Hibban: disebutkan dalam `ats tsiqaat
Ibnu
Hajar al `Asqalani: tsiqah tsabat
|
5.
|
Abdur
Razaq bin Hammam bin Nafi`
(Abu
Bakar)
|
W.
211 H
|
-Ma`mar
bin Rasyid
-Husyaim
bin Basyr
-Hamam
bin Nafi`
-Abi
Bakar bin `Iyasy
|
-Ibrahim
bin Abdullah bin Hamam (anak saudaranya)
-Ibrahim
bin Musa al-Razi
-Ahmad
bin Muhammd bin Hambal
|
Abu
Daud: tsiqah
Al
`Ajli: "tsiqah,
tertuduh beraliran syi'ah"
An
Nasa`i: tsabat
Ya`kub
bin Syaibah: tsiqah tsabat
Ibnu
Hibban: tsiqah
Ibnu
`Adi: la
ba`sa bih
Ibnu
Hajar al `Asqalani: tsiqoh
hafidz
Adz
Dzahabi: seorang
tokoh
|
6.
|
Ahmad
bin Hanbal
|
W.241H
|
- Abdurrazzaq bin Hammam Ash Shan'ani - Ya'qub bin Ibrahim bin Sa'ad -dan banyak lagi
|
-Bukhari
-Muslim
-Abu
Daud
|
Al
`Ajli: Tsiqah Tsabat
Ibnu
Madini: Di antara kami tidak ada yang lebih hafal darinya.
Abu
Zur`ah Arrazy: Hafal Satu Juta Hadis
Qatibah
bin Sa`id: Imam dunia
|
Sumber : Tahzibu al
Kamal, Al Mizzi (Maktabah Asy-Syamilah)
Jalur kedua, dari Muhammad
bin Muslim bin Syihab Al-Zuhriy
4.
|
Shalih
bin Kaisan
(Abu
Muhammad)
|
W.130H
|
-Ismail
bin Muhammad bin Sa`id bin Abi Waqash
-Ubaidillah
bin Abdullah bin utbah bin Mas`ud
-Urwah
bin Zubair bin awwam
-Muhammad
bin Muslim bin Syihab Al-Zuhriy
|
-Ibrahim
bin sa`id bin Ibrahim bin Abdurrahman bin `Auf
-Sufyan
bin Uyainah
-Abdul
Aziz bin Umar bin abdul Aziz
-Malik
bin Anas
-Ma`mar
bin Rosyid
|
Yahya
bin Ma`in: tsiqah
Abu
Hatim: tsiqah
Al
`Ajli: tsiqah
An
Nasa`i: tsiqah
Ibnu
Kharasy: tsiqah
Ya`kub
bin Sufyan: tsiqah tsabat
Ibnu
Hajar Al Asqalani: tsiqah tsabat faqih
Adz
Dzahabi: Tsiqah
|
5.
|
Ibrahim
bin Sa`ad bin Ibrahim bin `Abdur Rahman bin `Auf
(Abu
Ishaq)
|
W.185H
|
-Sa`d
bin Ibrahim (bapaknya)
-Shalih
bin Kaisan
-Muhammad
bin Abdullah bin Muslim bin Syihab (anak saudara Alzuhri)
-Muhammad
bin Muslim bin Syihab al Zuhri
|
-Ahmad
bin Abdullah bin Yunus
-Ahmad
bin Muhammad bin Hambal
-Saaf
bin Ibrahim (anaknya)
-Ya`qub
bin Ibrahim bin sa`d (anaknya)
|
Ahmad
bin Hanbal: Tsiqah
Abu Hatim: Tsiqah
Adz Dzahabi: Seorang
ulama besar
|
6.
|
Ya'qub
bin Ibrahim bin Sa'ad bin Ibrahim bin 'Abdur Rahman bin 'Auf
(Abu
Yusuf)
|
W.
208 H
|
-Ibrahim
bin Sa`i d (bapaknya)
-Syu`bah
bin alhajjaj
-Muhammad
bin Abdullah bin Muslim (anak saudara Al Zuhri)
|
-Ahmad
bin Hanbal
-Ishaq
bin manshur
-Ubaidillah
bin Sa`d bin Ibrahim bin Sa`d al Zuhri (anak saudaranya)
-Yahya
bin Ma`in
|
Yahya
bin Ma'in : Tsiqah
Al
'Ajli : Tsiqah
Abu
Hatim: Shaduuq
Ibnu Hibban:
disebutkan dalam 'ats tsiqaat
Ibnu
Sa'd :tsiqah ma`mun
Ibnu
Hajar al 'Asqalani: tsiqah fadlil
|
7.
|
Ahmad
bin Hanbal
|
W.241H
|
- Abdurrazzaq bin Hammam Ash Shan'ani - Ya'qub bin Ibrahim bin Sa'ad -dan banyak lagi
|
-Bukhari
-Muslim
-Abu
Daud
|
Al
`Ajli: Tsiqah Tsabat
Ibnu
Madini: Di antara kami tidak ada yang lebih hafal darinya.
Abu
Zur`ah Arrazy: Hafal Satu Juta Hadis
Qatibah
bin Sa`id: Imam dunia
|
Ditinjau
dari persambungan sanad-nya, hadis riwayat Ahmad bin Hanbal di atas
dapat disimpulkan sanadnya bersambung. Hal ini dapat dilihat dari tahun
wafat masing-masing periwayat yang menghubungkan antara satu sanad
dengan sanad berikutnya. Selain juga dapat dilihat dari masing-masing
guru dan muridnya.
Ahmad
bin Hanbal tersambung dengan Abdur Razaq bin Hamman bin Nafi` dan Ya`kub bin
Ibrahim bin Sa`ad, seterusnya Abdur Razaq bin Hamman bin Nafi` tersambung
dengan Ma`mar bin Rasyid dan Ya`kub bin Ibrahim bin Sa`ad tersambung dengan
Ibrahim bin Sa`ad yang tersambung dengan Shalih bin Kaisan. Seterusnya Shalih
bin Kaisan dan Ma`mar bin Rasyid tersambung dengan Muhammad bin Muslim yang
tersambung dengan Sa`id Al Musayyab, Urwah bin Zubair, Al Qamah bin Waqash, dan
`Ubaidillah bin `Abdullah.
Sementara
tentang ke-dhabit-an dan ke-adil-an para periwayat melalui jalur sanad
hadis ini dapat dikatakan bahwa semua sanadnya berstatus adil dan dhabit
sebagaimana penilaian yang diberikan oleh ulama kritikus hadis terhadap
masing-masing sanad di atas (lihat tabel).
Dengan
demikian dapatlah disimpulkan bahwa Haditsul Ifki riwayat Ahmad bin
Hanbal ini berkualitas shahih dan dapat diterima.
B.
Lampiran Syahid dan Tabi`
Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim
1. Riwayat
Bukhari
حدثنا عبد العزيز بن عبد الله حدثنا إبراهيم بن سعد عن صالح عن ابن شهاب
قال حدثني عروة بن الزبير وسعيد بن المسيب وعلقمة بن وقاص وعبيد الله بن عبد الله بن
عتبة بن مسعود عن عائشة رضي الله عنها زوج النبي صلى الله عليه و سلم حين قال لها أهل
الإفك… وكان صفوان بن المعطل السلمي ثم الذكواني
من وراء الجيش فأصبح عند منزلي فرأى سواد إنسان نائم فعرفني حين رآني وكان رآني
قبل الحجاب فاستيقظت باسترجاعه حين عرفني فخمرت
وجهي بجلبابي والله ما تكلمنا
بكلمة ولا سمعت منه كلمة غير استرجاعه… [9]
Telah
menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Abdullah telah menceritakan kepada kami
Ibrahim bin Sa'ad dari Shalih dari Ibnu Syihab ia berkata; telah menceritakan
kepadaku 'Urwah bin Az Zubair dan Sa'id bin Al Musayyab dan 'Alqamah bin Waqash
Al Laitsi dan 'Ubaidullah bin Abdullah bin 'Uqbah bin Mas'ud dari 'Aisyah
radliallahu 'anha istri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, yaitu ketika orang-orang
penuduh berkata kepadanya seperti apa yang telah mereka katakan… “Ketika aku
duduk, aku terserang rasa kantuk hingga akhirnya aku tertidur. Shafwan bin Al
Mu'aththal As Sulami Adz Dzakwan datang menyusuk dari belakang pasukan,
kemudian dia menghampiri tempatku dan dia melihat ada bayangan hitam seperti
orang yang sedang tidur. Dia mengenaliku saat melihat aku. Dia memang pernah
melihat aku sebelum turun ayat hijab. Aku langsung terbangun ketika mendengar
kalimat istirja'nya, (ucapan innaa lillahi wa inanaa ilaihi raji'un), saat dia
mengenali aku. Aku
langsung menutup mukaku dengan jilbabku. Demi
Allah, tidaklah kami berbicara sepatah katapun dan aku juga tidak mendengar
sepatah katapun darinya kecuali kalimat istirja'nya”…(H.R.
Bukhari)
2. Riwayat
Muslim
حدثنا حبان بن موسى. أخبرنا
عبدالله بن المبارك. أخبرنا يونس بن يزيد الأيلي. ح وحدثنا إسحاق بن إبراهيم الحنظلي
ومحمد بن رافع وعبد بن حميد. (قال ابن رافع: حدثنا. وقال الآخران: أخبرنا) عبدالرزاق.
أخبرنا معمر. والسياق حديث معمر من رواية عبد وابن رافع. قال يونس ومعمر. جميعا عن
الزهري: أخبرني سعيد بن المسيب وعروة بن الزبير وعلقمة بن وقاص وعبيدالله بن عبدالله
بن عتبة بن مسعود عن حديث عائشة، زوج النبي صلى الله عليه وسلم ....وكان صفوان بن المعطل
السلمي، ثم الذكواني، قد عرس من وراء الجيش فادلج. فأصبح عند منزلي. فرأى سواد إنسان
نائم. فأتاني فعرفني حين رآني. وقد كان يراني قبل أن يضرب الحجاب علي. فاستيقظت
باسترجاعه حين عرفني. فخمرت وجهي بجلبابي....[10]
Memberitakan kepada kami
Hibban bin Musa, mengabarkan kepada kami Abdullah bin Al-Mubarak, mengabarkan
kepada kami Yunus bin Yazid al-Ayliyyu. Memberitakan kepada kami Ishaq bin
Ibrahim Al-Hanzhaliy dan Muhammad bin Rafi` dan Abdu bin Humaidin. (ibnu Rafi`
berkata: Haddatsana, dan berkata dua lainnya Akhbarana) Abdul al-Razaq.
Mengabarkan kepada kami Ma`mar dan al-Sayaq hadis Ma`mar dari riwayat Abdin dan
Ibnu Rafi`. Berkata Yunus dan Ma`mar. Semuanya dari al-Zuhri: Mengabarkan
kepadaku Sa`id bin al-Musaibi dan Urwah bin Zubir dan `Alqamah bin Waqash dan
Ubaidullah bin `Abdillah bin `Utbah bin Mas`ud dari hadis Aisyah, istri Nabi SAW
“Shafwan bin Mu'atthal Assulami dan orang-orang
Dzakwan tinggal di belakang pasukan (memeriksa bila ada yang ketinggalan).
Mereka berjalan diawal malam dan di pagi harinya mereka sampai di tempat
dudukku….“Dia (Shawfan bin Al-Mu'athal) dahulu pernah melihatku sebelum
diwajibkan hijab atasku, lalu aku terbangun karena perkataannya: "Inna
lillaahi…" ketika dia mengenaliku. Maka aku menutupi wajahku dengan
jilbabku.”
(HR. Muslim).
0 komentar:
Posting Komentar